Sep 22, 2016 - Uncategorized    No Comments

Penyembahan

Penyembahan itu dalam Bahasa Yunani ada beberapa kata yang digunakan dalam Alkitab. Tapi yang paling sering digunakan adalah kata “Proskuneo”.

Proskuneo itu memiliki arti :

  1. Mencium. Mencium hanya bisa dilakukan dari jarak dekat, tidak bisa dari jauh. Ini bicara tentang keintiman. Keintiman itu didapat saat hanya berdua. Jadi jika ingin mengejar keintiman yang sesungguhnya, kita kejar secara pribadi dengan Tuhan melalui saat teduh dan penyembahan pribadi, bukan secara korporat. Kita harus lebih puas menyembah secara pribadi, dibandingkan secara korporat (misal di gereja atau konser rohani).
  2. Seperti Anjing menjilat tangan tuannya. Anjing itu melambangkan kesetiaan. Menjilat tangan tuannya adalah cara anjing mengekspresikan kasih, kesetiaan dan ketaatan pada tuannya. Begitu pula dengan penyembahan kita.
  3. Bersujud atau tersungkur dalam pemujaan dan penghormatan (Wahyu 4:10-11). Tua-tua itu artinya orang yg dihormati, dan memiliki kedudukan, tapi mereka pun tersungkur di hadapan Tuhan. Tidak hanya tersungkur, tapi juga mereka melemparkan mahkota-nya. Mahkota berbicara tentang kehormatan. Mereka melemparkan kehormatan mereka di hadapan Tuhan.

Kapankah penyembahan itu penting dilakukan? saat kita merasa tidak ingin menyembah, saat malas saat bosan, saat kita menganggap itu bukan hal yang penting. Kasih kita diuji saat kita, sedang malas/bosan tapi kita tetap ingin bertemu pasangan kita.

Objek penyembahan itu : Tuhan. Tidak penting apa yang kita rasakan sebenarnya. Jadi walau misal, kita pribadi tidak suka dengan lagunya, ya gak masalah, karena objeknya adalah Tuhan, bukan kita yang ingin kita senangkan. Misalkan gw, gw lebih suka lagu lama, tapi gereja kita sukanya lagu baru, tapi apa karena itu gw keluar dari JPCC, ya enggak, kenapa? Karena Alkitab bilang Ia memberi nyanyian baru. Dan tidak penting apa yang kita rasakan, karena objek penyembahan adalah Tuhan, bukan kita.

Mazmur 40:3 Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN.

Referensi  : https://friendofgodministry.wordpress.com/2012/12/22/proskuneo/

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!


eight − = 2